Monday, May 7, 2007

KARMA, berbuat BAIK, dan DOSA.

ah..

meni geleuh!

ever heard of karma?
atau, ever heard of 'berbuat baik itu sulit, tapi berbuat dosa itu gampang bgt?'

yap!

baik karma maupun pepatah yg ga jelas juntrungannya itu ternyata bener adanya. bener pisan. hehe.

kasus pertama

berhubung si saya ini orgnya begitu bodoh.. terutama dlm menghapal.. jd si saya yg minim hapalan ini maunya bergantung ke yg gampang gampang aja. misalnya, ngapalin rumus jadi (hehehe). ato, ngapalin bahan yg 75% bakal keluar di ulangan atopun soal soal yg sering keluar di spmb. abisnya mu gimana lagih, kemampuan otak pun terbatas, hoyyy! ^__^

jadi.. si saya teh beli buku biologi yang judulnya BIOLOGI INSTAN. ya, slain karna judulnya yg begitu menggoda org org yg payah dlm menghapal sperti saya, karna ukuran maupun tebal buku itu bener bener simpel dan dapet diterima dgn akal, dan karna buku itupun ditulis oleh mr.begot sang guru biologi salah-satu-bimbel-di-kota-bandung, and knowing his good knowledge, jd yaa.. sayapun membeli buku itu dgn niat pengen bisa ngapalin biologi dgn INSTAN.

INSTAN demi INSTAN.. akhirnya si saya inipun mengandalkan buku itu buat open book pas pra-uas kmaren. ya, meskipun slaen ngandelin buku itu, saya juga ngandelin otak temen sbangku saya yaitu si dudut. haha.. itu pra-uas teh busuk bgt, udh mah kerjasama, open book, tanya depan-blakang-kiri-kanan, diskusi keras-keras, haha.. pokonya bgitulah. gara gara pengen serba INSTAN tea. si buku biologi instan itupun jd salah satu kunci jitu pra-uas kmaren. dipakenya buat open book tentunya.

dan yah.

saking excitednya bisa ngerjain soal biologi itu, sampe sampe saya lupa si buku BIOLOGI INSTAN itu masih ditaro di kolong bangku!

oh nooo..

dapet karma dari niat busuk.. dapet karma dari buku BIOLOGI INSTAN, dpt karma juga nih dr mr.begot. huhuhuhu.. akhirnya si buku BIOLOGI INTAN instan ijo mungil itupun skrg nasibnya ntah berada dimana.. apakah dia msh berada di kolong bangku dgn posisi tepat ketika saya menaruhnya untuk dijadiin bahan open book? if yes.. brarti God still allows me to do the same thing, alias saya blm kena karma karma amat gara gara open book kmaren. hehe.
but if the book is lost.. itu brarti saya kena karma beneran!! oh my! is this some kind of sign yg mngatakan bahwa pas uas biologi ntar saya ga boleh open book lagi? -_-. heu. but that's not really what i'm concerning about.. tapi saya lebih khawatir sama bukunya!! meskipun itu bukunya mungil nan imut dan berwarna hijau cerah dgn ketebalan yg bersahabat, harganya teh 26rebu! heu.. duit sgitu bisa beli 5 dvd di vertex plus ongkos ke vertexnya.. yaa, satu film drama asia ato korea episode kumplit bs dapet deh. if the book is really really hilang.. brarti saya harus ngorbanin duit seharga 5 dvd buat sebuah buku yg cuma bisa saya pake buat sebulan kedepan!

... coba saya ngga berniat busuk pas pra-uas kmaren. *nyesel tuh adanya slalu paling buntut, kep..*


ok.




kasus kedua

berbuat baik itu susah.

ya ya ya. bukti dari pepatah ini ada bbrp, diantaranyes :
  1. whenever kita berniat buat belajar bareng ato ngebahas soal bareng.. hampir ga pernah jadi! alesannya bs beragam. ya ekskul lah, ya langsung mndadak pada males lah, ya mendadak di hari yg udah ditentuin teh ada event penting lah, and so on. tapi bukan brarti saya dan yg laen ga pernah blajar bareng loh.. *gini gini juga gembel pinter, tau! x)*. dan lucunya, mostly, kita jadi blajar bareng justru klo tadinya ga ada rencana sama skali! hidup emang ga bisa diprediksi.
  2. klo saya lagi kepengen bersedekah sama org org yg ga punya (org cacat di tengah jalan, ato pengemis, misalnya), dan saya ngerogoh saku.. ehh, jarang pisan ada duit recehan. yg ada duit 5ribuan ato 10ribuan. bukannya saya pelit ato apa, tp kan i need the money as well klo jumlahnya segitu mah x). tapi giliran di tas lg banyak duit receh dan saya lagi naek angkot.. dan ada pengamen.. eh, pngamennya malah nyanyi asal asalan n gayanya serampangan! meni geleuh ngasihnya juga, mendingan ga usah x).
  3. saat saya lagi sangat bersemangat buat attending plajarannya pa tata di pagi hari.. eh, yg ada saya malah bangun kesiangan! atau, my brother nyarter si supirnya kelamaan (alias my brothernya jg telat), atau tiba tiba guru piket nyegat lah! jadi weh.. saya sering telat pas plajarannya pa tata.. ato duduknya jadi di blakang, deh. pdhal pelajarannya kan penting x).

tapi coba bandingin ama pepatah yg mngatakan bahwa :

berbuat dosa itu gampang.

here's some examples :

  1. saya ke skul pake kaos kaki warna pink bunga bunga, ga ketauan ama guru piket.
  2. saat saya dateng dgn baju pendek dikeluarin dan rok rempel (coz smua rok pendeknya lg dicuci) dan alhasil saya terlihat sperti anak anak pas**dan, ga pake lencana, dan ada dua org guru piket yg jelas jelas ngeliat PSAS saya yg super aneh itu.. tp mereka ga negur saya sama skali. sungguh sebuah pelanggaran yg terlindungi oleh hukum sendiri. hahaayy!
  3. acara gosip alias gossip session yang biasanya saya lakukan bersama 7 roda truk (saya, dudut, iie, karin, naja, dinap, donat), slalu lancar dilakukan dimanapun kami berada.. mau itu direncanain atopun ga direncanain sebelumnya x). haha. mau itu diomonginnya di telpon, di koridor, di ssc, di kelas, di aula, wherever we are, acara gosip itu ga pernah ngga kita lakuin. alias berbuat dosa dgn bergosip itu sangat mudah untuk dilakukan!
  4. klo kita mau mabal ato melakukan hal hal aneh dgn mngorbankan plajaran formal, jalannya pasti mulus! bahkan super mulus.
  5. kita SELALU berhasil ngerjain/ngejutin/bikin malu org lain di hari ultah mereka.
  6. klo kita mau kerjasama ato open book pas ulangan, pasti ga pernah ketauan. dan mulus.
  7. saat ada tugas ato pr yang penting dan kita sengaja ga mau ngerjain karna males.. si pr ato tugas itu ga bakal dikumpulin x). mostly. tp buat saya sih biasanya terjadi kebalikannya (klo yg ini mah gara gara faktor 'sial').

ya, jd bgitulah. bahwa karma itu terkadang benar adanya, dan berbuat baik itu sangat susah, tapi berbuat dosa itu gampang pisan. i dont know why, tapi karna itulah perbuatan baik itu butuh niat yg bener bener dan kesungguhan yang bener bener juga! x) *waeee.. sendirinya jg ga pernah berbuat baik. haha.*

maka dari ituuuuu.. mari kita berbuat baiiiiiiiiiiikkk!!

No comments: